Dihadiri Seluruh Kepala OPD, Bupati Pemalang Buka Rakor Sensus Penduduk 2020

PEMALANG – Rakor Sensus Penduduk Tahun 2020 dibuka oleh bupati Pemalang Junaedi Selasa, (11/2).

Bertempat di salah satu hotel di Pemalang, Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan dihadiri jajaran Forkopimda kabupaten Pemalang, Sekda kabupaten Pemalang Muhamad Arifin, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Pemalang, Instansi Vertikal, para direksi BUMD/BUMD, para Ketua Sekolah Tinggi dan Direktur Kabupaten Pemalang serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya Bupati Pemalang berharap, agar mereka punya kesamaan visi dan persepsi sehingga dapat berperan lebih optimal dalam menyambut sensus penduduk tahun 2020. Rakor yang tengah dilaksanakan menurut Bupati merupakan salah satu upaya bersama, baik Pemkab Pemalang maupun BPS Pemalang untuk mensukseskan sensus penduduk tahun 2020.

Bupati juga menjelaskan, sensus penduduk merupakan keseluruhan dari proses pencatatan total data demografis di suatu negara untuk seluruh penduduk dalam suatu periode waktu tertentu. Selain bermanfaat untuk mengetahui jumlah penduduk di suatu wilayah. Sensus penduduk yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali tersebut, juga berguna untuk mengetahui karakteristik penduduk dan sebagai dasar perencanaan serta evaluasi program pembangunan dilihat dari berbagai bidang, antara lain, kecukupan jumlah sekolah, fasilitas kesehatan dan penyiapan lapangan kerja.

Disampaikan Sensus penduduk tahun 2020 yang diselenggarakan lewat online akan dilaksanakan pada 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020, dan dapat dilakukan secara mandiri melalui alamat website sensus.bps.go.id sedangkan pada tahap kedua, yakni sensus penduduk dengan wawanca, akan diselenggarakan mulai tanggal 1 sampai dengan 31 Juli 2020.

“Pada tahap kedua, para petugas akan mendatangi warga secara langsung”, ujarnya. (bepe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *