Uji Coba Sistem Satu Arah, Pengguna Jalan Masih Kebingungan

PEMALANG – Jalan Satu Arah di Jalan Jendelal Sudirman (Jensud) Kabupaten Pemalang, resmi diberlakukan beberapa hari lalu Sabtu, 25 Januari 2020. Namun sejumlah pengendara atau pengguna jalan yang melalui jalan tersebut masih terlihat kebingungan.

“Masih baru mugkin mas, jadi belum terbiasa,” Kata Bambang salah satu pengendara sepeda motor.

Kepala Dinas Perhubungan Ahmad Fatah melalui Kasi Menegemen Lalulintas Indra Gunawan menyampaikan bahwa dasar hukum diberlakukannya Sistem Satu Arah (SSA) yaitu Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ). Selain itu Peraturan Pemerintah nomor 32 tahun 2011 tentang Manajemen dan Rekayasa , Analisa Dampak dan Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas dan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 96 tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas serta Kajian SSA Jalan Jenderal Sudirman Dinas Perhubungan Kabupaten Pemalang tahun 2018 oleh Tim Ahli dari PKTJ Tegal dan Berdasarkan hasil Rapat Forum LLAJ yang melibatkan banyak unsur.

“Hasil musyawarah di forum ada sebuah kesepakatan untuk melakukan penerapan jalan satu arah di Jalan Jenderal Sudirman, yaitu mulai dari Traffic Light Bank Mega – Traffic Light Compo,” kata Indra belum lama ini.

Dijelaskannya, penerapan satu arah ini merupakan bagian dari rencana transportasi jangka panjang dengan Jalan Jenderal Sudirman sebagai pusat perekonomian di wilayah Perkotaan kabupaten Pemalang. Harapannya kondisi lalu lintas di jalan tersebut akan semakin lancar, dengan menyediakan lahan parkir yang memadai (parkir on street dan off street) serta tersedianya angkutan umum yang layak, tersedianya fasilitas pejalan kaki atau penyeberangan/JPO, jalur sepeda dan fasilitas lainnya.

Untuk kelancaran SSA, Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Dinas Perhubungan berharap dukungan dari semua komponen terutama dari seluruh masyarakat Kabupaten Pemalang.

Sistem satu arah ini baru dalam tahap uji coba selama sebulan, sebelumnya dilakukan sosialisasi dan tidak ada penindakan selama uji coba itu berlangsung. Dengan penempatan personilnya dan setelah itu akan dilakukan evaluasi terhadap dampak yang ditimbulkan adanya SSA tersebut. Sebagai acuannya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Hasil pantauan beritapemalang.com, arus kendaraan di Jalan Jenderal Sudirman dari Traffic Light (TL) Bank Mega hingga TL Compo berjalan lancar. Kepadatan arus kendaraan terjadi di timur TL Compo hingga TL Bank BCA. terutama arus kendaraan dari arah timur. Meskipun sudah diberlakukan SSA namun masih saja ada kendaraan dari arah timur melewati jalan itu. Seperti becak dan sepeda, sehingga membuat kesan pemberlakuan jalan satu arah itu hanya berlaku bagi kendaraan bermotor saja.(bepe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *