Festival Anggoro Kasih Di Desa  Sodong Basari

0
3

Pemalang – Pelantikan  Edi Yanto sebagai penjabat Kepala Desa (Kades) persiapan Desa  Sodong Basari, Kecamatan Belik, Rabu (15/1/2020) di kantor desa Sodong Basari oleh Bupati Pemalang merupakan tonggak sejarah bagi desa persiapan Sodong Besari ini. Desa yang merupakan desa pemekaran dari desa Sikasur, Kecamatan Belik.

Dalam menyambut hari bersejarah ini, masyarakat sidong selama dua hari senin – selasa (14 – 15/1) menggelar festival desa dengan tajuk Festival Anggoro Kasih. Kegiatan ini merupakan  rangkaian pesta rakyat di Desa Persiapan Sodong Basari yang merupakan peringatan hari jadi, serta bentuk rasa syukur warga desa atas capaiansejarah baru.

Festival Anggoro Kasih digelar dengan mengusung konsep kebudayaan, dalam proses perjuangan turun-temurun, mengangkat tradisi dan kearifan lokal masyarakat desa.

Anggoro Kasih dipilih berdasarkan penentuan dari Bupati Pemalang ke-16 H. Junaedi dalam menentukan hari pelantikan penjabat kepala Desa pertama di desa Sodong Basari. Anggoro Kasih merupakan julukan dari Selasa Kliwon yang
merupakan weton dalam pasaran Jawa. la memiliki makna hari penuh kasih sayang serta memiliki laku aras tuding yang berarti  sebuah laku unik yang mendapatkan kesempatan
dan keberuntungan lebih awal dalam berbagai hal.

Seperti diketahui oleh masyarakat jawa, dimana Anggoro kasih memiliki karakter api yang berarti semangat tinggi dan berwawasan luas, sifat ini berasal dari pancasuda sumur sinamba. Sedangkan disisi lain potensi utama Sodong Basari merupakan sumber mata air, didalam festival ini menjadi salah satu objek rangkain upacara simbolis tradisi budaya lokal desa. Hal ini menjadi kolaborasi seimbang dalam membangun masyarakat desa yang majemuk. Potensi kombinasi antara Selasa Kliwon dengan mata airlah yang mendasari festival ini.

Rangkaian festival meliputi Saptadasa, pelantikan dan pengambilan Pundhut Tirta,
Sumpah Jabatan Penjabat Kepala Desa Persiapan Sodong Basari, Peresmian Balai Desa Persiapan
Sodong Basari, Manunggaling Tirta Saptadasa, Kirab Budaya dan  Gunungan, Suling Panguripan serta sarasehan dan  tasyakuran. (*)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here