Bendung Sokawati Masih Dalam Kondisi Aman

0
9

 

Camat ampelgading, Mulyanto membenarkan adanya limpas pada bendung Sokawati yang berada di wilayahnya itu.

”Betul limpas sampai 2,5 meter pada Jumat malam, namun kondisi tersebut masih dalam kategori aman,”kata Camat, Sabtu (4/1).

Saat terjadi limpas setinggi itu debit Kali Comal yang melalui bendung tersebut mencapai 588.223 liter/detik. Debit terjadi lantaran hujan di wilayah Pemalang bagian selatan dalam waktu yang lama.

Adapun mengenai kondisi bendung Sokawati statusnya dinilai aman lantaran limpas masih di bawah status siaga. Status siaga ini ditetapkan apabila limpas mencapai empat meter. Kemudian status awas ditetapkan apabila limpas sudah mencapai lima meter.

Sementara itu pada kemarin bendung Sokawati dikunjungi warga secara bergantian. Mereka ingin mengamati dari dekat kondisi bendung baik bangunan maupun debit airnya.

Sementara itu bendung Sokawati ini membendung Kali Comal dan berfungsi sebagai pengairan sawah. Bendung dibangun pada masa kolonial Belanda dan sudah mengalami beberapa kali rehabilitasi.Saat ini bendung mampu mengairi sawah seluas 9.000 hektar di Kecamatan Taman, Petarukan dan Ampelgading (*/sumber suaramerdeka.com)

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here